Aneka Kopi yang Kian Menjamur di Bekasi

Editor: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Kedai kopi kian menjamur di Kota Bekasi dengan berbagai nuansa kafe maupun gerobak angkringan di beberapa sudut jalan. Tren ngopi cantik, menjadi pilihan baru sebagai tempat nongkrong di Kota Patriot.

Beragam jenis biji kopi dari berbagai daerah tersedia seperti arabika dan robusta, mudah dijumpai di Kota Bekasi. Tak ketinggalan kopi Temanggung, ikut menjadi tren baru dan digandrungi pecinta kopi.

“Kami memiliki racikan khusus yakni kopi cold brew, salah satu penanda dengan ciri tersendiri,” kata Abiyu, owner Kopi Broker di Kota Bekasi, di sela-sela mengikuti bazar kopi di Kampus Universitas Bhayangkara Kota Bekasi, Selasa (11/12/2018).

Dikatakan, cold brew merupakan salah satu jenis kopi melalui proses racikan khusus selama 8 jam. Cold brew penyeduhannya menggunakan air dingin lalu didiamkan selama 8 jam. Kopi ini akan lebih nikmat ketika diminum dingin.

Abiyu, owner Kedai Kopi Broker – Foto Muhammad Amin

“Setelah melalui proses permentasi, didiamkan selama 8 jam baru dinikmati. Rasanya akan cenderung lebih asam dan memiliki aroma buah,”papar Abiyu.

Menurutnya, biji kopi untuk cold brew menggunakan kopi pilihan dengan menyatukan jenis kopi arabika dan robusta. Saat ini, dia mengaku, peminat kopi di Kota Bekasi cukup bagus.

Pilihan lainnya, dan cukup diminati adalah kopi sop broker. Ini berbeda karena menambahkan ram (jenis campuran non alkohol) sehingga memberikan aroma khusus seperti jeruk. Tetapi tetap pada rasa kopi susu.

“Sehari, jika hari biasa menjual sampai 80 cup. Akhir pekan akan meningkat drastis bisa mencapai 150 cup. Untuk harga beraneka ragam mulai dari Rp10 ribu,” tukasnya.

Usaha kopi yang digeluti Abiyu, awalnya bermula dari gerobak angkringan. Tapi sekarang, setidaknya dia sudah memiliki dua kedai kopi, gerobak angkringan satu lagi, dan kafe dengan nuansa taman.

“Bisnis kopi cukup menjanjikan di Kota Bekasi. Modal awal pun tidak terlalu besar. Hanya sekitar Rp12 jutaan. Sudah lengkap mulai dari gerobak dan peralatan beserta beberapa jenis biji kopi,” pungkas Abiyu.

Lihat juga...