Angin Kencang Rusak 14 Rumah di Garut

Ilustrasi -Dok: CDN

GARUT – Angin kencang yang menyertai hujan deras, pada Jumat (28/12/2018), menyebabkan 14 rumah warga di Kampung Engkol, Desa Tanjungkarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, rusak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Djakaria, menyebut, angin kencang menerjang pemukiman penduduk, dan menyebabkan pohon roboh dan menimpa rumah. Beruntung, bencana tersebut tidak menelan korban jiwa. Angin kencang terjadi sekira pukul 14.30 WIB. “Angin datang membuat warga kaget, karena datang secara tiba-tiba, ketika hujan deras mengguyur,” tandasnya.

Hasil laporan di lapangan, ada tujuh rumah warga yang rusak parah, akibat tertimpa pohon tumbang. Sementara tujuh rumah lain, rusak sedang karena diterjang angin kencang. Warga setempat, telah bergotong royong untuk membantu membersihkan puing-puing material bangunan rumah yang rusak. Masyarakat juga sudah mulai memperbaiki rumah warga yang rusak. ‘Kami telah mendatangi langsung lokasi dan dengan dibantu warga melakukan perbaikan rumah yang rusak,” katanya.

Kapolsek Samarang, AKP Supian BJ, menambahkan, hasil pengecekan di lapangan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kepolisian bersama TNI dan aparatur pemerintah setempat, langsung mendatangi lokasi, untuk membantu warga. Petugas juga mendata daerah yang terdampak bencana angin kencang tersebut. “Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini, hanya kerusakan rumah karena tertimpa pohon dan diterjang angin,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...