Angkutan Nataru, JTTS Bakauheni-Terbangibesar Terhubung

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dipastikan bisa dilintasi saat angkutan libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Kepastian tersebut diperoleh saat Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan Kapolda Lampung, Irjen Pol Purwadi Arianto memantau langsung kondisinya, Sabtu (15/12/2018).

Muhammad Ridho Ficardo menyebut, JTTS ruas Bakauheni-Terbanggibesar (Bakter), yang dioperasikan pada masa angkutan Idul Fitri 2018, pada angkutan Natal dan Bahun Baru (Nataru) akan tersambung dari Bakauheni hingga ke gerbang Tol Kotabaru. Terhubungnya jalan tol tersebut diharapkan, memudahkan masyarakat yang akan menuju ke pelabuhan Bakauheni. Dan rencana dioperasikannya JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, sepanjang 140 kilometer pada 22 Desember mendatang, akan semakin memperlancar arus lalu lintas.

“Khusus untuk angkutan Natal dan Tahun Baru koneksi jalan tol dengan pelabuhan Bakauheni bersamaan dengan pengoperasian dermaga eksekutif, sehingga bisa memperlancar transportasi,” terang Muhammad Ridho di pelabuhan Bakauheni, Sabtu (15/12/2018).

Hasil pengecekan ke dermaga eksekutif, sejumlah fasilitas sudah bisa digunakan. Arus penumpang dengan kendaraan dari pelabuhan Bakauheni menuju ke kota Bandarlampung, dengan adanya JTTS bisa lebih singkat. Sesudah turun dari kapal penumpang, bisa langsung menggunakan jalan tol. Pada peninjauan yang dilakukan, fasilitas yang ada di jalan tol berupa rest area, SPBU, serta cuaca menjadi perhatian. Pengoperasian jalan tol dari Bakauheni menuju Bandarlampung masih akan digratiskan. Koordinasi telah dilakukan bersama Hutama Karya selaku pengelola jalan tol trans Sumatera.

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto – Foto Henk Widi

Terkait akan dioperasikannya JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer, Kapolda Lampung, Irjen Pol Purwadi Arianto, memastikan faktor keamanannya. Polda Lampung, akan menggelar operasi Lilin Krakatau pada masa Angkutan Nataru. “Secara struktural, personil patroli jalan raya ditempatkan dari Korlantas, termasuk kendaraan, sarana serta koordinasi dengan satuan kewilayahan di sejumlah pintu keluar tol,“ terang Irjen Pol Purwadi Arianto.

Pada operasi Lilin Krakatau, Polda Lampung akan membuat Pos Pelayanan (Posyan), Pos Pengamanan (Pospam) serta Pos Terpadu. Seusai meninjau kesiapan fasilitas dermaga eksekutif pelabuhan Bakauheni, Kapolda Lampung bersama rombongan pejabat utama polda Lampung meninjau akses JTTS. Mengendarai motor gede Patroli Pengawal (Patwal), bersama Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, wakil gubernur Lampung Bachtiar Basri melintasi jalur dari Bakauheni menuju gerbang tol Kotabaru sepanjang 80 kilometer.

Lihat juga...