Anies: DIPA Besar Dilihat dari Manfaatnya

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Gubernur DKI, Anies Baswedan, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2019, untuk Satuan Kerja Kementerian atau Lembaga dan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di Wilayah Provinsi DKI Jakarta. 

Dengan adanya penyerahan DIPA TA 2019 ini, dia berharap anggaran yang tersedia dapat mewujudkan pembangunan manusia yang komplit, dan dibelanjakan secara efisien, khususnya untuk belanja operasional, seperti belanja pegawai dan barang.

“Kita pastikan, ini adalah amanat yang besar, jangan sampai kita gunakan tanpa ada efisiensi yang baik. Kita berharap, anggaran ini dipakai sebaik-baiknya, yang bisa memberikan manfaat bagi semuanya,” ucap Anies, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Menurutnya, DIPA TA 2019, ini sangat besar. Namun, dia meminta jangan dilihat dari hitungan rupiahnya, melainkan dari manfaatnya untuk masyarakat.

“Nilainya besar bukan dilihat dari hitungan rupiahnya. Nilainya besar jika dilihat dari manfaatnya untuk masyarakat. Bisa saja hitungan rupiah kecil, tapi bila manfaatnya besar, maka kita bisa sebut nilainya besar untuk masyarakat,” katanya.

Anies juga menjelaskan, bahwa penyerahan DIPA TA 2019 ini adalah tindak lanjut penyerahan DIPA pada 11 Desember 2019 oleh Presiden Joko Widodo, kepada para pimpinan kementerian atau lembaga, termasuk gubernur, yang dilanjutkan pada hari ini, penyerahan kepada para Kepala Satuan Kerja (Satker) selaku pengguna anggaran di wilayah Pemprov DKI, untuk diteruskan dan dilaksanakan.

“Saya garis bawahi, bahwa ini sebuah proses upacara. Ini adalah proses simbolik sebagai sebuah amanah dari rakyat yang telah ditetapkan menjadi rencana kerja, yang saat ini sudah masuk fase persiapan pelaksanaannya,” paparnya.

Lihat juga...