Bakamla RI Perkuat Diplomasi Maritim dengan Vietnam

JAKARTA — Kepala Bakamla RI, Laksdya A. Taufiq R, mengusulkan agar Bakamla dan Vietnam Coast Guard (VCG) melaksanakan Coast Guard-to-Coast Guard (CG-to-CG) Talk secara berkala guna membahas draft MoU yang telah diusulkan VCG.

Hal itu disampaikan pada Courtessy Call Kepala Bakamla RI ke markas besar VCG di Hanoi, Vietnam, beberapa hari lalu.

Kunjungan kerja delegasi Bakamla RI yang berlangsung Senin (24/12) dipimpin Laksdya Taufiq diterima oleh Komandan VCG Mayor Jenderal Nguyen Van Son.

Selain untuk memperkenalkan diri sebagai Kepala Bakamla yang baru, kesempatan tersebut dimanfaatkan Laksdya Taufiq untuk memperkuat kerja sama Indonesia-Vietnam yang selama ini telah terjalin berdasarkan Letter of Intent (LoI) Penguatan Kerja Sama.

Kunjungan ini sekaligus untuk membalas kunjungan kerja Komandan VCG yang telah dua kali datang ke Jakarta pada bulan Agustus dan Oktober tahun 2017.

Beberapa pokok penting dihasilkan dalam pertemuan itu, antara lain undangan Kepala Bakamla kepada VCG untuk melaksanakan CG-to-CG Talk secara berkala guna membahas poin-poin kerja sama yang akan diatur dalam MoU, dimulai di Jakarta tahun 2019 mendatang.

Usulan itu diterima dengan antusias oleh Komandan VCG, bahkan ditambahkannya agar Bakamla dan VCG lebih sering melaksanakan working level meeting untuk membahas MoU dan isu-isu teknis pelaksanaan kerja sama di bidang keamanan dan keselamatan laut.

“Hal ini mengingat MoU amatlah penting untuk mendukung upaya penguatan kerja sama keamanan dan keselamatan laut antara kedua institusi dan kedua negara yang merupakan sesama anggota ASEAN,” kata Laksdya Taufiq dalam siaran pers yang diterima Cendana News, Rabu (26/12/2018).

Lihat juga...