Balikpapan Siap Bentuk BPJPH

Editor: Mahadeva

Sekretaris MUI Balikpapan, Jailani – Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Terbentuknya Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di tingkat pusat, mendorong Kota Balikpapan untuk juga membentuk lembaga tersebut. Direncanakan pembentukan  BPJPH Balikpapan akan dilakukan di 2019.

Keberadaan BPJPH, sesuai dengan Undang-undang No.3/2014, tentang Jaminan Produk Halal. Dengan BPJPH, pengurusan label halal nantinya tidak lagi ke Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI, namun langsung ke BPJPH.

BPJPH menjadi pengganti LPPOM, dan lembaga tersebut kini sudah terbentuk di tingkat pusat. “Balikpapan paling siap untuk dibentuk BPJPH. Saat ini MUI terus melakukan sosialisasi dan siapkan sumber daya manusia (SDM),” tutur Sekretaris MUI Balikpapan, Jailani, Rabu (26/12/2018).

Sebelum BPJPH terbentuk, maka proses sertifikasi halal masih dilakukan oleh LPPOM MUI, dalam hal ini yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan untuk BPJPH berada di bawah kendali pemerintah. “Apabila sudah BPJPH, maka tidak perlu lagi mengurus sertifikasi halal ke provinsi, cukup ke BPJPH yang ada di kabupaten atau kota saja,” papar Jailani.

Lihat juga...