Bandara Sepinggan Buka Posko Monitoring Libur Nataru

Editor: Mahadeva WS

BALIKPAPAN – PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, mulai Rabu (19/12/2018), membuka Posko Terpadu Monitoring Angkutan libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Posko dibuka, guna memantau dan memastikan pelayanan pengguna jasa transportasi udara pada libur Nataru. Pembukaan posko monitoring mengikuti, Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara No.INST 08/2018, tertanggal 26 November 2018, tentang pelaksanaan Angkutan Udara Natal 2017dan Tahun Baru 2019.

Posko terpadu monitoring Nataru ini dibuka hingga 6 Januari 2019. “Keberadaan posko monitoring angkutan Nataru ini ingin memastikan bahwa penumpang benar-benar mendapatkan perhatian yang lebih selama berada di area bandara khususnya di bandara SAMS Sepinggan,” kata Farid Indra Nugraha, General Manager PT Angkasa Pura I Balikpapan usai pembukaan posko.

Personil yang akan bertugas di posko monitoring, berasal dari unsur internal PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, serta unsur eksternal diantaranya dari Kantor Otoritas Bandara, Polsek Kawasan Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Sentra Komunikasi, PT Jasa Raharja Putera dan ORARI. Secara keseluruhan total personel yang dilibatkan ada 25 orang. “Posko monitoring terletak di area keberangkatan, diharapkan keamanan dan kenyamanan di Bandara SAMS Sepinggan menjelang libur Nataru dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tandas Farid.

Farid memperkirakan, puncak arus penumpang di libur Nataru akan terjadi pada  H-3 untuk keberangkatan dan H+3 untuk kedatangan. “Semoga arus mudik tahun ini berjalan lancar dan aman,” tandas Farid.

Diketahui pada angkutan Nataru tahun lalu, jumlah penumpang yang datang dan diberangkatkan pada H-7 sampai H-1 ada 162.109 penumpang. Sedangkan H+1 hingga H+7 jumlah penumpang yang datang dan berangkat berjumlah 174.686 penumpang.

Kepala Kantor Otoritas Bandara Wiilayah VII , Alexander Rita, mengungkapkan, posko monitoring dibuka untuk memantau jalannya kelancaran transportasi udara. Desember saat ini libur akhir tahun bertepatan dengan libur sekolah. Keberadaan posko terpadu Nataru, untuk memudahkan penumpang mencari informasi. Posko siap membantu dan mendukung kelancaran perjalanan penumpang.

Lihat juga...