hut

Bangunan Tiga RSUD Tipe D Kota Bekasi Siap Operasional

Editor: Mahadeva

BEKASI – Tiga rumah sakit tipe D yang dibangun Pemkot Bekasi, Jawa Barat sudah siap dioperasionalkan. Dari peninjauan yang dilakukan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Jumat (28/12/2018), bangunan ketiga rumah sakit sudah siap difungsikan.

“Saya sudah melihat langsung, sepertinya semua bangunan sudah bisa difungsikan untuk pelayanan kesehatan setingkat RSUD tipe D,”ujar Rahmat di sela-sela peninjauan.

Ketiga rumah sakit tipe D tersebut berada di Kecamatan Pondokgede, Jatisampurna dan Bantargebang. Semuanya, saat ini masih difungsikan sebagai Puskesmas. Pembuatan rumah sakit adalah, upaya pengembangan dari Puskesmas tersebut.

Bangunan Puskesmas Pondokgede, yang dibangun di samping lapangan Pondok Gede, hanya tinggal melengkapi dengan alat kesehatan. Kepala Puskesmas dan Plt Kepala Dinas Kesehatan, sudah diminta untuk melakukan perhitungan kebutuhan alat kesehatan. Sementara untuk Puskesmas Jatisampurna, Wali Kota meminta, pejabat setempat melakukan komisioning, agar rumah sakit tersebut dapat segera digunakan.

Sedangkan bangunan rumah sakit tipe D Bantargebang, masih belum selesai prosesnya. Kegiatan masih dilakukan, khususnya dilantai tiga gedung. Sementara, untuk lantai satu dan dua tetap diminta segera dilakukan komisioning, agar bisa segera difungsikan oleh Puskesmas setempat. “Posisi, Puskesmas Bantargebang saat ini masih mengontrak. Jika lantai satu dan dua sudah dibersihkan, puskesmas bisa pindah menunggu, sambil menunggu lantai tiga jadi dan dialih fungsikan menjadi rumah sakit umum daerah tipe D,” tandasnya.

Lihat juga...