Banjir Bandang Landa Desa Jambersari-Jember

Banjir bandang, ilustrasi -Dok: CDN

JEMBER – Bencana banjir bandang menerjang Desa Jambesari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (11/12). “Banjir bandang terjadi di Dusun Krajan RT/RW 02, Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru,” kata anggota Pusat Pengendali Operasional (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Rezha Pratama, di Jember, Selasa (11/12/2018).

Menurutnya, banjir bandang tersebut karena turun hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada Senin (10/12) pukul 14.00 WIB, hingga Selasa pukul 03.00 WIB. “Banjir bandang menerjang permukiman warga dan merusak akses jalan pada pukul 22.00 WIB,” katanya.

Ia menjelaskan, banjir bandang tersebut menerjang dua rumah setinggi 30-50 CM milik Tamam (58) dan Umar (78) di Dusun Krajan, Desa Jambesari, kemudian akses jalan menuju Dusun Krajan juga terputus. “Satu warga mengungsi di Balai Desa Jambesari atas nama Lut (60) dan puluhan hektare sawah, rusak,” katanya.

Ia mengatakan, pihak Tim Reaksi Cepat BPBD Jember berangkat menuju ke lokasi dan berkoodinasi dengan instansi terkait, kemudian melakukan penilaian dengan warga bersama Muspika dan pemerintah desa melakukan kerja bakti membuat jalan alternatif.

“Kami juga mendistribusikan bantuan berupa bahan pokok, sebanyak lima paket, selimut, terpal, dan tikar,” katanya.

Ia mengatakan, BPBD Jember juga mengirim tim Jitupasna untuk menilai kerugian dan rekomendasinya diperlukan pembangunan plengsengan. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir bandang di Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru tersebut,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...