Banjir Bandang Rusak Puluhan Rumah di Sigi

Banjir bandang, ilustrasi -Dok: CDN

SIGI, SULTENG — Puluhan rumah penduduk di Desa Salua, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah rusak akibat diterjang banjir bandang yang terjadi pada Selasa (11/12) malam menyusul hujan deras mengguyur wilayah itu dalam beberapa hari terakhir ini.

Petugas Polisi Kehutanan (Polhut) Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Su’ud, membenarkan adanya bencana alam banjir yang menggenangi dan merusak puluhan rumah di desa yang terletak pada jalur jalan Palu-Kulawi tersebut.

Selain rumah penduduk, banjir bandang yang terjadi di saat warga sedang beristirahat setelah seharian bekerja di kebun, juga memutuskan prasana jalan di Desa Salua, Kecamatan Kulawi. Sebutnya saat dihubungi di Desa Saluki, Rabu (12/12/2018).

Akibatnya, arus kendaraan dari arah Kulawi menuju Kota Palu dan sebaliknya dari Palu menuju Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro dan Lindu tidak bisa melanjutkan perjalanan karena badan jalan tertutup material lumpur dan batu-batuan serta potongan-potongan kayu.

Saat ini, kata dia, sudah banyak sukarelawan bencana alam yang turun ke lokasi banjir untuk membantu evakuasi barang-barang milik warga yang rumahnya terendam dan tertimbun lumpur.

Lihat juga...