Banjir Genangi Sejumlah Kawasan di Kota Malang

Ilustrasi - Banjir - Dok: CDN

MALANG – Banjir yang melanda sebagian wilayah Kota Malang, sebagai akibat tidak ditutupnya Dam air di kawasan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sehingga debit air sungai tidak mampu menampung, bahkan menggelontor ke bawah.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengemukakan, setelah dilakukan pemetaan dan pendataan penyebab banjir di sebagian wilayah Kota Malang, karena Dam UMM tidak ditutup dan air meluap, ditambah hujan yang sangat deras.

“Selain Dam UMM yang menjadi penyebab banjir, berbagai jenis sampah yang dibuang ke sungai menyebabkan saluran air tersumbat. Dan, jumlah sampah yang dibuang ke sungai itu jumlahnya tidak main-main. Saya sudah perintahkan, agar dinas terkait segera menanganinya dan masyarakat juga tidak membuang sampah di sungai,” ucap Sutiaji, Senin (10/12/2018).

Pada kesempatan itu, Sutiaji atas nama pemerintah daerah juga meminta maaf kepada warga Kota Malang dan seluruh warga terdampak.

“Saya juga sudah instruksikan, agar seluruh dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) bergerak cepat dengan mengerahkan seluruh potensi yang dimilikinya,” kata Sutiaji.

Menurut dia, cuaca ekstrem tidak bisa diprediksi, tidak hanya melanda Kota Malang, tetapi juga beberapa daerah di Tanah Air.

Lihat juga...