Banjir Rendam Rumah Warga Natai Nangka Kalteng

SAMPIT  – Puluhan rumah di kawasan Natai Nangka, Desa Natai Baru, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, terendam banjir, akibat meningkatnya intensitas hujan beberapa hari terakhir.

“Ada 46 rumah mengalami kebanjiran. Air sudah menggenangi lantai rumah penduduk yang berada di RT 6,” kata Camat Mentaya Hilir Utara, Samsurijal, saat dihubungi dari Sampit, Jumat.

Saat dihubungi Jumat sore, Samsurijal masih berada di lokasi banjir. Dia memantau kondisi rumah-rumah warga yang terendam banjir akibat hujan deras.

Permukiman penduduk setempat memang tidak jauh dari sungai. Geografis wilayahnya cukup rendah sehingga hampir semua rumah warga berbentuk rumah panggung.

“Model rumah panggung bertujuan untuk mencegah terendam banjir saat air naik tinggi ketika musim hujan seperti sekarang. Satu rumah ke rumah lainnya dihubungkan oleh jembatan kecil atau titian panjang yang terbuat dari kayu ulin,” katanya.

Curah hujan beberapa hari terakhir cukup tinggi sehingga peningkatan permukaan air sampai merendam sebagian rumah di kawasan itu. Meski begitu, warga memilih bertahan dan mengamankan barang berharga dengan cara membuat lantai darurat lebih tinggi sementara waktu agar tidak terendam banjir.

Lihat juga...