Batas Waktu Rekam KTP-e Untuk Pemilu 31 Desember

Rekam data e-KTP Dok: CDN

BANTUL – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan, batas waktu perekeman Kartu Tanda Penduduk elektronik bagi warga, untuk keperluan Pemilihan Umum 2019 adalah 31 Desember 2018.

“Batas waktu rekaman, untuk kepentingan pilpres (pemilihan presiden dan wakil presiden) 31 Desember 2018, sampai saat ini yang kita pedomani tanggal itu,” kata Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi, Minggu (16/12/2018).

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak warga, terutama pengurus Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019, untuk menyampaikan konstituennya, agar bisa memanfaatkan waktu yang ada, guna melakukan perekamanan data bagi yang belum melakukannya. Saat ini, proses rekaman dimudahkan, cukup dengan membawa salinan kartu keluarga (KK). Disdukcapil, sudah memiliki daftar atau list penduduk yang harus merekam dari pemerintah pusat.

Kemudian perekaman data penduduk bisa dilayani di Kantor Disdukcapil atau kelurahan sesuai jadwal yang telah disepakati petugas, dan bisa di kantor kecamatan-kecamatan,” katanya.

Karena batas waktu perekaman data untuk pilpres dibatasi sampai akhir Desember, Bambang belum bisa memastikan, untuk warga yang merekam setelah tanggal tersebut. “Solusi kalau sudah 31 Desember tidak terekam, saya belum bisa jawab karena masih menunggu pusat, kami hanya melaksanakan kebijakan dari pusat dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun untuk rekaman kita jalan terus,” katanya.

Dia mengatakan perekaman data penduduk KTP-e saat ini masih berlangsung. Bahkan petugas tidak mengambil libur untuk mengoptimalkan pelayanan. “Makanya kami mendorong sekali, agar yang belum rekam bisa melakukan rekaman, supaya kita bisa pastikan pada pemilu nanti pemilih sudah memegang KTP-e. Setelah rekaman 31 Desember tugas kami hanya cetak,” pungkasnya (Ant)

Lihat juga...