Bekasi Siapkan Warga Sambut Revolusi 4.0 dengan Pelatihan

Editor: Koko Triarko

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto -Foto: M Amin

BEKASI – Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, menegaskan perlunya perubahan pola pikir dalam meningkatkan upaya sumberdaya manusia (SDM) berkualitas dan berketerampilan, dalam menghadapi era revolusi Industri 4.0. Masyarakat harus sejalan dengan perubahan.

“Era Revolusi Industri memang sulit diantisipasi. Namun, bagaimana pun harus siap menerima perubahan tersebut,” kata Tri Adhianto, usai membuka seminar umum dan Penandatanganan MoU antara APTISI dan ICMI Orda Bekasi, Kamis (13/12/2018).

Dia mengaku, Pemkot Bekasi sudah melakukan berbagai terobosan dalam rangka mempersiapkan masyarakatnya, dalam menyambut era revolusi industri 4.0. Upaya itu seperti meningkatkan kemampuan warga melalui pelatihan, agar siap bersinergi dengan para cendikiawan, salah satunya melalui MoU.

Dikatakan, Pemkot Bekasi melalui program pendidikan sudah menyekolahkan hampir 20 orang untuk studi S3. Sekarang tinggal mengoptimalkan di jenjang S1 dan S2.

“Hal tersebut untuk mendapatkan aparatur pemerintah yang mampu bersinergi dengan perkembangan era 4.0,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, hal lain yang dilakukan untuk memacu kreativitas adalah memberi pelatihan gratis kepada masyarakat yang bepotensi untuk dikembangkan ilmunya. Terutama di bidang IT, dengan mendatangkan praktisi dari google langsung untuk melatih warga Kota Bekasi setiap minggunya.

“Setidaknya, Pemkot Bekasi setiap minggu memberi pelatihan kepada 80 orang warga.  Mereka dilatih, agar memiliki kemampuan di bidang IT, kita akan cetak warga Kota Bekasi menjadi usahawan-usahawan muda,” tandasnya.

Namun demikian, sambungnya optimalisasi peran serta perguruan tinggi swasta di Kota Bekasi, masih diperlukan. Hal tersebut menjadi konsen pemerintah, untuk terus memberikan perhatian. Jika tidak, dikhawatirkan perguruan tinggi di Kota Bekasi, tenggelam.

“Kota Bekasi, sampai saat ini memang belum memiliki perguruan tinggi negeri. Tapi, ini juga sudah dipikirkan bagaimana kota ini, ke depan ada universitas negeri,” tukas Tri.

Lihat juga...