Bersepeda Sambil Menikmati Keindahan Pantai Cemara Lombok Barat

Editor: Satmoko Budi Santoso

LOMBOK – Beragama cara dilakukan masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat, menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga maupun teman. Mulai dari mengunjungi objek wisata air terjun, kolam pemandian termasuk dengan merayakan pesta pantai.

Komunitas Sepeda Desa Kebun Ayu, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) misalnya, menikmati liburan akhir pekan ke Pantai Cemara menggunakan sepeda secara beramai-ramai, menyusuri jalan menuju pantai.

“Cara liburan secara bergerombol menggunakan sepeda bersama komunitas dinilai lebih asyik dan seru. Bisa lebih leluasa ngobrol dan bercanda,” papar Sigit, Minggu (23/12/2018).

Selain itu, liburan akhir pekan menggunakan sepeda secara gerombolan bersama komunitas, selain bisa menikmati keindahan pantai yang dikunjungi,  juga bisa berolahraga santai sambil menikmati suasana sepanjang perjalanan menuju pantai.

Sepeda para anggota komunitas – Foto Turmuzi

Zen, anggota komunitas sepeda Desa Kebun Ayu mengatakan, Pantai Cemara jadi tujuan liburan, karena selain lebih dekat, pemandangan alamnya juga lebih indah dan hijau oleh tanaman cemara. Tumbuh berjejer di sepanjang pinggiran pantai, termasuk juga tanaman bakau yang tumbuh di sepanjang pinggiran pantai.

Di sekitar pantai tersebut juga terdapat sungai yang hampir sepanjang pinggiran kiri dan kanan sungai dipenuhi tanaman bakau, tumbuh hijau dan lebat. Kerap menjadi tempat pemancingan bagi warga.

“Pokoknya Pantai Cemara itu paling asyik sebagai tempat liburan. Selain sekitar pantai hijau oleh tumbuhan bakau, suasana di pinggiran pantai juga sejuk dan teduh,” katanya.

Untuk menuju Pantai Cemara Lombok Barat ini, mudah. Dari pusat Kota Mataram atau dari Pelabuhan Lembar, pantai ini bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari Kota Mataram, berjarak sekitar 43 menit berkendara.

Sementara, jika menuju ke Pantai Cemara Lombok Barat dari Bandara Lombok International Airport Praya, hanya akan memerlukan waktu tempuh singkat, sekitar 45 menit saja.

Lihat juga...