Blanko e-KTP di Rejang Lebong Tersisa 880 Keping

136
Ilustrasi/ Foto: Dok: CDN

REJANG LEBONG – Stok blanko KTP elektronik di Rejang Lebong, Bengkulu, saat ini hanya tersisa 880 keping. Dalam waktu dekat, dimungkinkan blangko akan segera habis.

“Stok blanko KTP elektronik yang ada saat ini tinggal 880 keping, dan diperkirakan dalam beberapa hari ke depan akan habis,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Rejang Lebong, Mei Susanti Harahap, Sabtu (8/12/2018).

Ketersediaan blanko KTP elektronik, tidak akan bisa memenuhi memenuhi kebutuhan pencetakan KTP warga setempat. Data terbaru, warga yang sudah masuk dalam daftar tunggu atau print ready record, jumlahnya mencapai 1.500 orang. Selain Disdukcapil, juga harus melayani warga yang akan melakukan penggantian dengan alasan hilang atau rusak, maupun penggantian data diri, seperti pindah alamat, dan perubahan status menikah.

Disdukcapil Rejang Lebong, saat ini setiap Senin hingga Kamis mencetak sekira 150 keping KTP. Sedangkan di Jumat mereka mencetak 60 keping dan di Sabtu mencetak 75 keping KTP. Upaya untuk mengajukan permintaan penambahan stok blanko ke pemerintah pusat melalui Disdukcapil Provinsi Bengkulu, hanya direspon dengan pengiriman paling banyak 1.000 keping blangko KTP elektronik.

Dengan demikian, setiap hari Disdukcapil Rejang Lebong mengajukan permintaan penambahan stok. “Jika stok ini banyak, kami bisa mencetak KTP-el yang sudah berstatus PRR, terutama menjelang pemilu 2019,” tandasnya.

Sementara itu perkembangan pencetakan KTP elektronik di Kabupaten Rejang Lebong, sampai dengan akhir November 2018, sudah mencapai 199.820 jiwa. Jumlah wajib KTP yang ada di 15 kecamatan di daerah tersebut, sebanyak 200.584 jiwa. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...