BLUD Salurkan Dana Bergulir ke Koperasi-UMKM Daerah

JAKARTA — Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) turut dilibatkan dalam perluasan penyaluran dana bergulir ke koperasi dan para pelaku UMKM di daerah-daerah.

Direktur Pengembangan Usaha LPDB KUMKM, Iman Pribadi, mengatakan pihaknya mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan dana bergulir sampai kepada sasaran dan end user yang tepat.

“Kerja sama dengan BLUD bahkan sudah sampai tahap pedoman kerja sehingga penyaluran dana bergulir bisa dilakukan melalui BLUD,” katanya di Jakarta, Jumat 14/12/2018).

BLUD merupakan badan layanan umum daerah untuk mengembangkan koperasi maupun UMKM. “Kita juga akan susun sistem itu semacam waralaba. Konsepnya, LPDB KUMKM bukan hanya menerima data tapi juga memantau sampai ke penerima dana bergulir sampai dengan end user,” kata Iman.

Pihaknya juga telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak lain termasuk Dinas Koperasi di daerah-daerah, lembaga penjamin dan lain-lain. Kerja sama itu dilakukan untuk merealisasikan bahwa LPDB KUMKM harus menjadi lembaga yang inklusif.

Lihat juga...