BMKG Prakirakan Malam Tahun Baru di Sumbar, Hujan

Editor: Koko Triarko

PADANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Minangkabau, memprakirakan hujan disertai gelombang laut akan melanda sejumlah wilayah di Sumatra Barat, pada malam pergantian tahun nanti. 

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Minangkabau, Yudha Nugraha, menjelaskan untuk kondisi cuaca hari ini, sebagian daerah di Sumatra Barat sudah dua hari terakhir mulai nampak kembali pertumbuhan awan-awan hujan.

Dengan demikian, kondisi cuaca cenderung berawan, namun lembab pada siang hari dan terdapat potensi hujan ringan-sedang, durasi singkat pada malam pergantian tahun.

“Dari pantuaan radar cuaca per hari ini, sore – malam pergantian tahun nanti sejumlah wilayah di Sumatra Barat diguyur hujan dengan intensitas ringan, dan durasi yang tidak terlalu lama,” katanya, Senin (31/12/2018).

Menurutnya, meski hujan diprakirakan berintensitas ringan, perlu diwapadai adanya potensi gelombang laut. Sementara, angin kencang diprakirakan masih dalam keadaan normal.

“Kalau soal potensi hujan, betul sekali bahwa pada pergantian tahun nanti diprediksi akan diguyur hujan. Termasuk juga di daerah Kota Padang, Bukittinggi, dan Padang Pariaman, yang berkemungkinan diguyur hujan,” ujarnya.

Menurutnya, kecepatan angin tidak terlalu signifikan, maksimal angin hingga 20 km/jam. Hanya, untuk gelombang laut, BMKG memantau cukup tinggi di perairan Kepulauan Mentawai, dengan ketinggian maksimum 1,5 – 2,5 meter.

“Memang, sejauh ini baru laut di Kepulauan Mentawai yang perlu diwaspadai. Tapi, tidak tertutup kemungkinan juga berpotensi terjadi di perairan laut daerah lainnya di Sumatra Barat, seperti Padang, Pesisir Selatan, dan dan Pariaman,” ucapnya.

Yudha menegaskan, cuaca yang diprakirakan BMKG tidak memiliki potensi bencana yang signifikan. Namun. bila ada yang merayakan pergantian tahun baru, mungkin dapat terganggu dengan potensi hujan yang terjadi pada malam hari.

Lihat juga...