BPBD Serang Distribusikan Bantuan Korban Tsunami Anyer-Cinangka

SERANG — Tim penanggulangan bencana di bawah komando Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang terus mendistribusikan bantuan yang sudah tertampung di posko-posko kepada korban bencana tsunami di Kecamatan Anyer dan Cinangka.

“Kita sinergikan dan koordinasikan agar bantuan yang masuk terdistribusi dengan baik, tepat kebutuhan dan tepat sasaran,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana, dalam keterangan tertulis di Serang, Selasa (25/12).

Nana mengatakan, untuk di Kecamatan Cinangka, terdapat tujuh desa terdampak yakni Kamasan, Sindang Laya, Cinangka, Karang Suraga, Bulakan, Pasauran, Umbul Tunjung. “Sementara di Kecamatan Anyer itu Desa Cikoneng, tepatnya Pulau Sangiang,” katanya.

Ia menjelaskan, distribusi bantuan tersinergi karena melibatkan prajurit TNI dan kepolisian, serta terdata dengan lengkap oleh relawan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Terkoordinasikan karena bantuan yang dikirim harus melalui kepala desa terkait, dan harus tercatat apa yang dibutuhkan pengungsi atau warga terdampak,” katanya.

Nana menambahkan, saat ini bantuan layak pakai cukup banyak yang masuk, namun diharapkan bantuan yang masuk berupa sembilan bahan pokok (sembako), tikar atau alas tidur, kebutuhan ibu hamil dan menyusui, kebutuhan bayi, dan selimut.

“Semua bantuan yang masuk tidak kami tolak, kami catat, dan kami distribusikan sesuai dengan kebutuhan warga terdampak,” ujarnya.

Selaku pimpinan penanggulangan bencana di Anyer dan Cinangka, ia mengapresiasi dedikasi prajurit TNI dari Kodim Cilegon dan aparat kepolisian. “Siang malam, 24 jam kami bersinergi melakukan proses penanggulangan bencana,” ujarnya.

Dandim 0623/Cilegon, Letkol Armed Rico Ricardo Sirait, mengatakan upaya penanggulangan fokus pada penyelamatan, pencarian, dan pemenuhan kebutuhan dasar korban. “Penanggulangan bencana tersinergi dengan baik, dan kita perlu apresiasi ini,” katanya. (Ant)

Lihat juga...