BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan Jaminan Sosial Petani Solok

SOLOK  – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Solok, Sumatera Barat, menyosialisasikan pentingnya jaminan sosial kepada petani sebagai perlindungan terhadap pekerjaan mereka.

“Empat program BPJS ketenagakerjaan dapat memberikan perlindungan bagi petani dalam pekerjaannya rentan mendapat kecelakaan kerja, tujuannya untuk melindungi mereka guna mengurangi risiko,” kata Kepala BPJS ketenagakerjaan cabang Solok Iskandar, di Solok, Sabtu.

Sosialisasi empat program BPJS ketenagakerjaan dilakukan di Nagari Pematang Panjang Kabupaten Sijunjung dan diikuti 120 orang petani. Dia mengatakan, para peserta sosialisasi akan terlindungi oleh program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Jaminan sosial katanya, bukan hanya untuk penyelenggara negara yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) saja tetapi juga bisa tenaga kerja non penerima upah seperti petani.

“Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan sosial asalkan proses dan syaratnya terpenuhi seperti membayar iuran setiap bulannya,” katanya.

Dia menambahkan, sosialisasi manfaat program BPJS ketenagakerjaan agar masyarakat baik buruh, pekerja ataupun petani semakin mengenal lebih dekat akan arti penting jaminan sosial dalam memberi perlindungan.

“Kami apresiasi kepada nagari sadar jaminan sosial dalam ikut mengenalkan program BPJS ketenagakerjaan agar lebih dikenal  masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, semua nagari di Sumbar bisa menjadi desa sadar jaminan sosial sehingga masyarakatnya dalam bekerja tidak perlu khawatir akan risiko. Sebab sudah ada yang menanggung terutama pekerjaan yang rentan kecelakaan seperti buruh dan petani. (Ant)

Lihat juga...