BPPT Revitalisasi Tiga Buoy Tsunami untuk GAK

EWS tsunami - DOK CDN

JAKARTA – Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, Hammam Riza, mengatakan, pihaknya siap merevitalisasi tiga set buoy tsunami di Geostech BPPT. Ketiga alat tersebut, akan ditempatkan di kompleks Gunung Anak Krakatau (GAK).

“BPPT siap melakukan perbaikan buoy tsunami yang saat ini ada di fasilitas Geostech BPPT dan Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur di kawasan Puspiptek,” kata Hammam, Jumat (28/12/2018).

Untuk perbaikan tiga set alat deteksi tsunami tersebut, setidaknya dibutuhkan dana Rp15 miliar. Dana tersebut sudah termasuk anggaran untuk pemasangan, pengoperasian dan pemeliharaannya selama setahun. Diharapkan, Kementerian Keuangan dan Bappenas, dapat mengalokasikan pendanaan khusus, untuk merevitalisasi buoy tsunami tersebut.

“Untuk dukungan pendanaan kami harap kesediaan Bapak Presiden dan atau Kementerian dan Bappenas, untuk menyetujui adanya pemberian tambahan dana tersebut. BPPT siap membangun sistem deteksi dini tsunami buoy, maupun nantinya sistem kabel bawah laut atau CBT secara nasional, dengan mengedepankan peningkatan TKDN dan sinergi industri nasional,” lanjutnya.

Lihat juga...