Bulog Aceh Pastikan Stok Beras Bencana Tercukupi

143
Beras, ilustrasi -Dok: CDN

MEULABOH – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Aceh memastikan, stok beras yang dimiliki, mencukupi untuk penanganan bencana alam di wilayahnya.

“Untuk bencana alam tidak ada masalah, karena semua gudang kita ada, semua terisi, pagu kabupaten dan kota 100 ton per tahun, provinsi 200 ton per tahun,” kata Kepala Bulog Divre Aceh, Basirun, Sabtu (8/12/2018).

Selama bencana banjir melanda sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Aceh sepanjang satu tahun terakhir, penyaluran logistik beras untuk korban terdampak terus bergulir. Bulog menyalurkan sesuai permintaan pemerintah daerah. Setiap Bulog Sub Divisi Regional, juga memiliki stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di gudang masing-masing. Keberadaanya, selalu siap disalurkan apabila telah ada satu penetapan, atau permintaan karena bencana alam.

Seperti, Perum Bulog Subdivre Meulaboh, yang membawahi empat kabupaten, yakni Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya dan Simeulue. Memiliki stok beras di gudang, yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Aceh Barat.

“Ketika pemda menetapkan status bencana, harus ada CBP yang dikeluarkan, ada beberapa daerah yang didistribusikan selama bencana alam banjir baru-baru ini, tapi saya tidak ingat daerah mana saja dan berapa sudah tersalur,” ujarnya.

Di sela-sela meninjau pasar murah di Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Basirun menyebut, gudang Perum Bulog Divre Aceh, tersedia stok beras 27.800 ton. Jumlah tersebut, diperkirakan aman untuk kebutuhan lima bulan ke depan. Persediaan beras 27.800 ton di gudang Bulog Aceh, akan digunakan juga untuk kebutuhan operasi pasar. Dan saat ini, Bulog Aceh, masih menanti datangnya stok beras cadangan dari kementrian terkait.

“Sekali lagi saya sampaikan, masyarakat tidak usah khawatir karena persediaan stok beras aman sampai akhir tahun dan musuk panen raya pada Maret – April 2019, mudah mudahan sudah ada barang masuk,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...