Bumdes Kelola Minyak Kayu Putih Rimba Jaya

Pabrik pengolahan minyak kayu putih - Dok CDN

BIAK – Pemerintah Kampung Rimba Jaya membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mengelola potensi tanaman minyak kayu putih. Di Kampung Rimba Jaya atau Adibai Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, budi daya tanaman kayu putih berkembang dengan baik.

“Budi daya tanaman minyak kayu putih di Kampung Rimba Jaya di bawah binaan langsung Kantor Pengelolaan Hutan Lindung Biak. Sampai saat ini, potensinya sudah diolah menjadi produk minyak kemasan untuk dijual,” ungkap Kepala Kampung Rimba Jaya, Yacob B.Morin, Sabtu (15/12/2018).

Luas areal tanam budi daya bibit tanaman minyak kayu putih di kampung Rimba Jaya, mencapai lima hektare. Dengan dibentuknya Bumdes di Kampung Rimaba Jaya, diharapkan bisa menjadi penggerak pemberdayaan ekonomi warga.

Berbagai potensi sumber daya alam setempat bisa dimanfaatkan secara optimal. “Bumdes yang sudah kami bentuk, akan dilengkapi dengan struktur kepengurusan organisasi. Sehingga akan menjadi motor penggerak badan usaha ekonomi kampung Rimba Jaya,” harap Kades Yacob Morin.

Pelaksana tugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Biak, Setyo Budi MAP, mendorong setiap kampung atau desa, dapat membentuk lembaga ekonomi kampung Bumdes. “Pembentukan Bumdes di Kabupaten Biak Numfor, harus dilakukan setiap kepala kampung, ini menjadi wadah penggerak ekonomi masyarakat kampung,” harapnya.

Berdasarkan data, produk minyak kayu putih dalam kemasan warga Kampung Rimba Jaya distrik Biak Timur sudah dipasarkan di kota Biak. Harganya berkisar Rp25.000 setiap botol kecil, serta Rp125 ribu untuk botol ukuran sedang. (Ant)

Lihat juga...