Bus Pariwisata di Baturraden-Banyumas Dicek Kemenhub

Bus - Foto: Dok CDN

BANYUMAS – Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, menginspeksi keselamatan, terhadap bus pariwisata di Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jateng, Sabtu (8/12/2018).

Dalam pengecekan yang dilakukan di area parkir Lokawisata Baturraden, Banyumas, petugas BPTD Wilayah X yang didampingi petugas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Banyumas, memeriksa surat-surat maupun kelengkapan teknis kendaraan. Tercatat ada 17 bus pariwisata sedang berada di tempat itu diperiksa. Kelengkapan yang dicek oleh petugas di antaranya sabuk pengaman, khususnya di bangku pengemudi atau sopir, lampu penunjuk arah, lampu rem, lampu mundur, pintu darurat, dan sejumlah fasilitas lainnya.

Saat ditemui di sela pemeriksaan, Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan BPTD Wilayah X, Dhoni Sutrisno, mengatakan, pihaknya melaksanakan inspeksi keselamatan secara ram check, khusus untuk angkutan pariwisata. “Ini dilakukan menjelang masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Jadi, ini akan kita laksanakan terus, sudah dari minggu kemarin kami laksanakan, di beberapa titik pariwisata di Jawa Tengah maupun Daerah Istimewa Yogyakarta,” ungkapnya.

Pengecekan sudah dilaksanakan di Kawasan Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Ke depan, pengecekan terhadap bus pariwisata juga akan dilaksanakan di Bandungan, Tawangmangu, dan daerah-daerah wisata lainnya. “Tujuannya adalah melakukan inspeksi keselamatan secara administrasi atau kelengkapan surat-surat angkutan pariwisata, juga dari sisi teknisnya. Dari sistem pengereman, lampu, kita cek, dan nanti apabila ada kekurangan untuk administrasi, kita akan lakukan penindakan,” tuturnya.

Terkait dengan temuan kekurangan dari sisi teknis, pihaknya akan merekomendasikan untuk segera dilakukan perbaikan. Temuan paling banyak dari pemeriksaan adalah, pelanggaran di bidang admininistrasi seperti kelengkapan surat, masa berlaku kartu pengawasan sudah habis, dan surat izin mengemudi.

Lihat juga...