Cegah Narkoba, BNN Manado Lakukan Pemberdayaan Masyarakat

MANADO — Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Manado, Sulawesi Utara, melakukan program pemberdayaan masyarakat dalam mencegah dan memberantas narkoba di daerah itu.

“Dalam mendukung progam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN), BNN menggandeng berbagai komponen masyarakat,” kata Kepala BNN Kota Manado, AKBP Eliasar Sopacoly di Manado, Selasa (25/12/2018).

Sopacoly mengatakan selama Januari hingga Desember 2018, telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat dalam P4GN.

Kegiatan tersebut seperti pelatihan penggiat anti narkoba (TOT) bidang P4GN di lingkungan masyarakat dirangkai dengan deklarasi antinarkoba.

Peserta pelatihan ini melibatkan berbagai pihak seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan kepala lingkungan dari sepuluh kecamatan di Manado.

Dengan hasil adanya peningkatan kapasitas peserta dalam P4GN termasuk strategi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, public speaking, teknik penyuluhan dasar, aspek hukum P4GN.

Kemudian membuat rencana aksi P4GN di lingkungan masyarakat dan membuat jejaring komunikasi media sosial penggiat antinarkoba.

Melalui kegiatan ini, para peserta mendapatkan pengetahuan dan kemampuan terkait dengan P4GN.

Dengan kemampuan itu, antara lain dapat memberikan sosialisasi atau informasi kepada masyarakat lainnya tentang bahaya narkoba, sehingga akan mendukung program P4GN. (Ant)

Lihat juga...