Cegah Narkoba dengan Berbasis Desa

SUNGAILIAT  – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan Jada Bahrain dan Bukit Layang sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar) sebagai wujud upaya penanggulangan serta pemberantasan peredaran narkoba di daerah itu.

“Kami berharap pembentukan desa bersinar dapat meningkatkan sumber daya manusia dan peran masyarakat dalam memerangi narkoba,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka, Eka Agustina di Sungailiat, Sabtu.

Ia mengatakan, pembentukan Desa Bersinar di Desa Jada Bahrain di Kecamatan Merawang dan Bukit Layang di Kecamatan Bakal bisa dijadikan sebagai contoh bagi desa lainnya dalam pemberantasan narkoba di daerah ini.

“Kami ingin desa benar-benar bersih dari peredaran narkoba melalui kegiatan positif yang dilaksanakan penggiat antinarkoba di desa tersebut,” ujarnya. Menurut dia, kegiatan dan peran serta pemerintah desa dalam program desa Bersinar di antaranya melakukan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat, seperti penyuluhan bahaya narkoba.

“Kami telah membentuk relawan anti narkoba yang langsung dipimpin kepala desa dan unsur masyarakat desa agar dapat berperan aktif dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN),” katanya.

Ia menambahkan, pengukuhan relawan antinarkoba desa bersinar ditandai dengan penyematan pin secara simbolis kepada perwakilan relawan antinarkoba dan juga pembacaan pernyataan deklarasi relawan anti narkoba yang diikuti oleh seluruh relawan.

“Kami berharap kepada seluruh organisasi perangkat desa dan instansi pemerintah lainnya bersinergi dalam memberantas narkoba di pedesaan melalui pegiat antinarkoba yang sudah terbentuk di desa masing-masing,” katanya. (Ant)

Lihat juga...