Cuaca Buruk, Nelayan di Kupang Diminta Waspada

KUPANG  – Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, mengimbau nelayan di daerah itu mewaspadai cuaca buruk saat melakukan aktivitas penangkapan ikan di laut.

“Kami minta para nelayan untuk lebih waspada selama daerah ini dilanda cuaca ekstrem dengan tidak melakukan aktivitas di tengah laut saat terjadi cuaca buruk,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kupang, Orson Nawa, ketika dihubungi di Kupang, Minggu.

Ia mengatakan, keselamatan jiwa perlu menjadi prioritas bagi setiap nelayan di wilayah ini ketika akan melakukan kegiatan rutinitas mencari ikan di laut.

Menurut dia, gelombang laut yang tinggi di wilayah perairan Timor perlu diwaspadai seperti diimbau BMKG Kupang.

“Apabila terjadi cuaca buruk untuk tidak memaksakan diri turun ke laut mencari ikan, karena gelombang tinggi disertai hujan dan angin kencang yang sedang melanda NTT sangat membahayakan keselamatan diri nelayan,” tegas Orson.

Menurut dia, pemerintah Kota Kupang secara rutin melakukan edukasi terhadap para nelayan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di laut dengan terus mengikuti perkembangan cuaca dari BMKG.

Ia meyakini, para nelayan di ibu kota provinsi NTT ini sudah memahami tentang kondisi gelombang serta waktu yang tepat turun melaut untuk mencari ikan.

Kendati demikian kata Orson, menjadi kewajiban pemerintah untuk terus mengingatkan para nelayan untuk lebih waspada saat terjadi cuaca buruk dengan tidak memaksakan diri mencari ikan di perairan Kupang yang sedang dalam kondisi gelombang tinggi. (Ant)

Lihat juga...