Dedi Sukses Mendulang Rupiah dari Manfaatkan Botol Bekas

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

290

BEKASI — Memanfaatkan botol bekas, Dedi Syahroni mengembangkan kerajinan miniatur ondel-ondel sebagai boneka lucu untuk dijadikan souvenir. Kreasi khas Betawi itu, hanya menggunakan lem, kain perca dan sisa pita sehingga menjadi menarik.

Selain memproduksi souvenir berbentuk miniatur, di rumah sederhananya, RT 04/15, kelurahan Kranji Bekasi Selatan, Dedi, juga membuat ondel ondel dalam ukuran besar yakni, 2,5 meter. Untuk ukuran besar dia mengaku dikerjakan jika ada pesanan.

“Kreasi miniatur, ondel ondel selain menggunakan botol bekas, juga memproduksi dengan menggunakan bahan resin. Begitu pun untuk ukuran besar bisa memakai bahan resin. Tapi kalau ada pesanan,” kata Dedi, pemilik gallery Irma Irama Betawi punya gaya, kepada Cendana News, Selasa (4/11/2018).

Untuk harga miniatur ondel-ondel, imbuh Dedi, disesuaikan dengan ukuran dan bahan. Seperti bahan botol bekas ukuran sedang dibandrol dengan harga Rp35 ribu, ukuran sedikit besar Rp50 ribu. Harga miniatur tersebut, berbeda jika menggunakan bahan resin yang satuannya bisa mencapai Rp100 ribu.

Sedangkan untuk ukuran ondel-ondel besar, biasa digunakan untuk tampilan atau pajangan di kantor dengan harga perpasangnya mencapai Rp10 juta. Karena bahan dasarnya berbeda dan pakaiannya dibuat dari kain khusus.

Menurutnya, jumlah pesanan di gallery Irma Irama, saat ini mengandalkan dari daerah Jakarta, baik di kantoran atau saat kegiatan tertentu. Pasaran di Kota Bekasi hanya saat ada pameran dan itu khusus memasarkan souvenir.

Dikatakan, untuk membuat satu miniatur ondel ondel, hanya menggunakan botol bekas, di potong dan dibentuk dengan memberi mata, pakaian yang dilem dan ditambah busa untuk menambah ukuran tinggi miniatur.

Bahan baku tersebut lanjut, Dedi dibeli dari pengepul dengan harga Rp1.000 untuk botol bekas yang sudah di potong-potong di bagian bawah leher botol. Dari kreasi yang dikerjakan dengan anaknya itu Dedi mengaku sebulan bisa meraup keuntungan mencapai  4 hingga 5 juta rupiah.

Baca Juga
Lihat juga...