Desa Mandiri Lestari Trirenggo Bantul Salurkan 15 Gerobak Rakyat

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Yayasan Damandiri  (yayasan yang didirikan oleh Presiden ke-2 Ri, HM Soeharto) kembali menggulirkan program peningkatan ekonomi masyarakat serta pengentasan kemiskinan bagi warga kurang mampu di Desa Mandiri Lestari Trirenggo Bantul.

Ketua KUD Gemah Ripah H Ambyah. Foto: Jatmika H Kusmargana

Melalui Koperasi Unit Desa Gemah Ripah, Yayasan Damandiri, menyalurkan program bantuan Gerobak Rakyat. Sebanyak 15 unit fasilitas untuk berdagang diberikan pada warga kategori keluarga pra sejahtera dan sejahtera 1. Tujuannya tak lain, agar warga kurang mampu dapat memulai usaha guna meningkatkan taraf hidup keluarganya.

“Target kita pada 2018 ini ada sebanyak 50 Gerobak Rakyat yang diberikan pada warga kurang mampu. Namun untuk sementara ini baru 15 unit yang telah disalurkan,” ujar Ketua KUD Gemah Ripah, H Ambyah, kepada Cendananews, Jumat (14/12/2018).

Dengan nominal Rp800 ribu per gerobak, adanya bantuan program Gerobak Rakyat itu diharapkan dapat meningkatkan semangat warga kurang mampu di Desa Mandiri Lestari untuk meningkatkan ekonomi mereka dengan memulai usaha baru.

“Untuk sementara, Gerobak ini kita berikan dalam bentuk pinjaman ke yang bersangkutan. Sehingga apabila mereka tidak lagi memanfaatkannya, bisa kita tarik untuk dialihkan ke orang lain. Tujuannya semata-mata agar mereka semangat dan giat berjualan,” ungkapnya.

Lihat juga...