Di 2018, DPRD Kota Bekasi Selesaikan 18 Perda

Editor: Mahadeva

Sekretaris Dewan Kota Bekasi M. Ridwan - Foto M Amin

BEKASI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi, di 2018 ini telah menyelesaikan 18 Peraturan Daerah (Perda). Sementara, proyeksi rencana kerja (Renja) 2018, dapat mengesahkan 19 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

“Renja di 2018 sebanyak satu tahun, ada 19 Perda, yang terdiri dari inisiatif dari DRRD Kota Bekasi dan usulan dari eksekutif,” ujar Sekretaris Dewan Kota Bekasi, M. Ridwan, Jumat (28/12/2018).

Dari, jumlah yang diproyeksikan tersebut, satu Perda yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019, dialihkan untuk disahkan tahun depan. Terakhir, Paripurna DPRD Kota Bekasi, Kamis (27/12/2018), mengesahkan tujuh raperda. “Ada tujuh raperda yang di sahkan menjadi Perda sekaligus. Bisa dikatakan DPRD Kota Bekasi sudah 100 persen menyelesaikan target Perda ditahun 2018,” kata Ridwan.

Untuk 18 Perda yang telah di sahkan diantaranya, perubahan atas Perda No.I/2011, tentang rencana tata ruang wilayah kota bekasi 2011 hingga 2031. Kemudian Perda Penanggulangan Bencana Daerah. Selanjutnya adalah Perda tentang penyelenggaraan lalulintas dan angkutan jalan. Perda tentang kendaraan bus untuk angkutan massal seperti transpatriot milik pemkot ke BUMD mitra patriot.

Perda tentang perubahan kedua atas perda kota bekasi No.07/2016, tentang pembentukan penyusunan perangkat daerah Kota Bekasi, perubahan OPD. Perubahan Perda No.3/2014, tentang penyertaan modal Pemerintah Kota Bekasi berupa tanah jaringan dan banyunannpermanen kepada PDAM Tirtapatriot. “Inisiasi DPRD adalah Perda olahraga,” ungkap Ridwan.

Ketua DPRD Kota Bekasi, Tumai, menambahkan, bahwa ukuran kinerja dewan tidak bisa di nilai dengan jumlah Perda yang disahkan. “Tidak ada target angka tetapi kualitas kerja. Prolegda yang sudah di prioritas itu yang harus selesai,” ucap Tumai.

Lihat juga...