Di Agam, Stok Kebutuhan Pokok Diklaim Aman

Beras, ilustrasi -Dok: CDN

LUBUKBASUNG – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menjamin, ketersediaan bahan kebutuhan pokok di daerah itu aman, menjelang Natal dan Tahun Baru 2019.

“Persediaan beras, ikan, cabai, sayur-sayuran dan lainnya aman di Agam,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam Ermanto di Lubukbasung, Sabtu (15/12/2018).

Menurutnya, produksi ikan air tawar di daerah itu, saat ini mencapai sekira lima ton per hari. Agam merupakan daerah penghasil ikan air tawar terbesar di Sumbar. Untuk ikan laut, masih mencukupi, karena ada daerah lain seperti, Air Bangis Pasaman Barat, Pariaman dan daerah lainnya, yang memasok ke Agam.

Sementara persediaan beras, tersedia di 12 Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM), yang tersebar di 16 kecamatan. Jumlahnya mencapai puluhan ton. “LDPM ini akan menjual beras dengan harga murah kepada masyarakat,” katanya.

Sedangkan untuk cabai dan sayur-sayuran, petani di Kecamatan Matur, Banuhampu, Ampekkoto dan daerah lainnya, sedang kondisi panen. Saat ini, harga beras kualitas satu di daerah tersebut mencapai Rp15.000 per kilogram, beras kualitas dua Rp13.000 per kilogram, cabai merah Rp32.000 per kilogram, bawang merah Rp24.000 per kilogram.

Selain itu bawang putih Rp21.000 per kilogram, ikan nilai Rp17.000 per kilogram, ikan mas Rp25.000 per kilogram dan lainnya. “Harga kebutuhan itu masih normal semenjak awal November 2018, dan harga kebutuhan ini tidak berpengaruh saat Natal dan tahun baru,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...