Dinkes Sumbar Petakan Lingkungan Cegah Penyakit Menular

Editor: Koko Triarko

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Satria Wibawa/ Foto: M. Noli Hendra 

PESISIR SELATAN – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, melalui Dinas Kesehatan, melakukan pemetaan lingkungan guna untuk membentengi masyarakat, agar tidak mudah terjangkit penyakit menular.

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa, mengatakan persoalan penyakit menular merupakan sebuah momok yang menakutkan. Sehingga Dinas Kesehatan menilai perlu melakukan upaya pencegahan, dengan cara pemetaan lingkungan.

Sebenarnya selaian pemetaan lingkungan, kesiagaan semua sarana pelayanan kesehatan, juga mulai dari tingkat Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Puskesri, hingga Puskesmas.

“Jadi yang saya pikirkan, dengan adanya pemetaan lingkungan itu, pengawasan terhadap berbagai penyakit menular bisa dilakukan secara maksimal,” katanya, Jumat (28/12/2018).

Ia menyebutkan, Dinas Kesehatan akan melakukan berbagai upaya dalam mensikapi berbagai persoalan yang bisa menimbulkan kecemasan bagi warga, salah satunya penyakit menular tersebut.

Penyakit menular itu di antaranya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), cacar air, konjungtivitis, gastroenteritis, campak, kutu rambut, kudis, dan kura

Menurutnya, selain adanya penyakit yang demikian, pemantauan terhadap penyakit menular lainnya yang juga perlu diwaspadai adalah tuberkulosis (TBC), malaria dan HIV/AIDS.

Di Pesisir Selatan, katanya, biasanya untuk penderita TBC ini masih terjadi di beberapa daerah yang tersebar. Hanya saja, persoalan berapa angka, belum dirangkum secara keseluruhan.

“Makanya, saya anggap pemetaan lingkungan itu salah satu cara yang bagus. Terutama sekali ketika terjadi wabah atau penyakit yang bisa menulari orang lain, seperti mutaber, DBD dan lainnya. Ketika hal ini terjadi, maka pemetaan lingkungan akan dilakukan dengan segera. Sebab, upaya itu bisa mengurangi dampak penularan lebih besar, guna menghindari Kejadian Luar Biasa (KLB),” jelasnya.

Lihat juga...