Dipengaruhi Hujan, Harga Kebutuhan Pokok di Purwokerto Meningkat

Ilustrasi. Salah seorang pedagang sayuran di pasar tradisional. Foto: Dokumentasi CDN

PURWOKERTO — Harga sejumlah kebutuhan masyarakat yang dijual di pasar tradisional kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, meningkat akibat intensitas hujan yang tinggi pada pekan terakhir Desember 2018.

Dari pantauan di Pasar Manis, Purwokerto, Kamis (26/12/2018), beberapa kebutuhan masyarakat yang mengalami lonjakan harga, antara lain cabai rawit merah yang saat ini mencapai Rp60.000/kilogram, cabai merah besar Rp45.000/kg, dan cabai rawit hijau Rp43.000/kg.

Sebelumnya, harga cabai rawit merah sebesar Rp50.000/kg, cabai merah besar Rp33.000/kg, dan cabai rawit hijau Rp38.000/kg.

Salah seorang pedagang sayuran, Yuni mengatakan lonjakan harga beberapa jenis cabai terjadi karena pasokan dari petani berkurang akibat tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir.

“Informasi yang kami terima dari distributor, tanaman cabai yang dibudidayakan petani banyak yang terserang jamur sehingga membusuk akibat hujan yang terus terjadi dalam beberapa waktu terakhir,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, harga beberapa jenis cabai mengalami kenaikan meskipun untuk cabai merah keriting masih bertahan pada kisaran Rp35.000/kg.

Ia memperkirakan harga cabai akan kembali mengalami kenaikan jika hujan dengan intensitas tinggi masih terus terjadi.

Selain cabai, harga daging ayam ras juga mengalami kenaikan dari Rp38.000/kg menjadi Rp40.000/kg dan telur ayam ras naik dari Rp27.000/kg menjadi Rp28.500/kg.

“Kami menyesuaikan harga karena dari distributor sudah naik. Informasinya karena harga pakan ayam berupa jagung mengalami kenaikan,” kata Siti, salah seorang pedagang daging ayam.

Kendati demikian, dia mengakui kenaikan harga daging ayam ras maupun telur ayam ras biasa terjadi setiap akhir tahun karena permintaan dari konsumen mengalami peningkatan meskipun tidak sebesar saat Lebaran.

“Semoga dalam beberapa hari ke depan, harganya kembali turun,” katanya. [Ant]

Lihat juga...