Dishub Maksimalkan CCTV Atasi Kepadatan Lalin Nataru di Solo

Ilustrasi -Dok: CDN

SOLO – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, memprediksikan kepadatan jalan pada libur Natal dan Tahun Baru 2109 tidak akan melampaui saat Lebaran.

“Prediksi kami, tidak terlampau padat, apalagi akses tol di sekitar Kota Solo sudah dibuka seluruhnya,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Ari Wibowo, di Solo, Rabu (12/12/2018).

Ia mengatakan, meski ada yang masih berstatus fungsional, seluruh jaringan Tol Trans Jawa dipastikan dapat dibuka seluruhnya pada libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019.

Ada pun karena ada cuti bersama, potensi puncak kepadatan dimulai pada 22 Desember 2018 – 1 Januari 2019. “Kalau untuk kendaraan berat, tidak terdampak, karena semua aksesnya langsung melalui tol, titik kepadatan dalam kota tetap akan terjadi melalui beberapa aspek lainnya, salah satunya karena makin banyak mobil pribadi yang masuk,” katanya.

Sementara itu, pihaknya memprediksi puncak kepadatan lalu lintas di Kota Solo terjadi di sejumlah pusat bisnis di Kota Solo, di antaranya kawasan pertokoan di Nonongan dan Gladak.

“Selain itu, di beberapa pasar tradisional, seperti Pasar Gede juga diprediksi akan padat,” katanya.

Sedangkan untuk ruas jalan yang diprediksi padat, di antaranya Jalan Adi Sucipto, Jalan Slamet Riyadi, dan Jalan Ahmad Yani. “Kalau untuk penumpukan kendaraan, kemungkinan terjadi di Kleco, Purwosari, dan simpang empat Tirtonadi,” katanya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Hari Prihatno, mengatakan akan menerjunkan seluruh petugas untuk membantu pengamanan.

“Kami juga akan memasang barikade dan memaksimalkan pemantauan melalui CCTV dan intervensi APILL (alat pemberi isyarat lalu lintas, -red),” katanya. (Ant)

Lihat juga...