hut

Disnakan OKU Imbau Warga Konsumsi Ikan

Ilustrasi -Dok: CDN

BATURAJA – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, mencanangkan program Gemar Makan Ikan (Gemarikan), agar masyarakat mengkonsumsi ikan secara teratur untuk kebutuhan sehari-hari.

“Program Gemarikan ini bertujuan agar masyarakat meningkatkan konsumsi ikan, selain daging,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ogan Komering Ulu, Tri Aprianingsih, di Baturaja, Senin (10/12/2018).

Dia mengemukakan, program Gemarikan yang mulai dicanangkan sejak 2016 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ini, merupakan gerakan untuk memotivasi masyarakat, agar lebih gemar mengkonsumsi ikan selain daging.

“Terutama anak-anak generasi penerus bangsa, diharapkan untuk gemar makan ikan,” ungkapnya.

Menurut dia, di dalam daging ikan, banyak terkandung protein dan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh dan pertumbuhan anak, sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi sebagai lauk pelengkap menu makanan sehari-hari.

“Daging ikan banyak memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan anak,” katanya.

Dia berharap, melalui program Gemarikan ini, jumlah masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang mengkonsumsi ikan dapat meningkat, agar putra daerah generasi penerus bangsa ke depan menjadi sehat, cerdas dan kuat.

“Selain harganya murah, ikan juga banyak terdapat di Sungai Ogan, sehingga masyarakat bisa menangkapnya menggunakan kail atau pun jala,” harapnya.

Dia menjelaskan, potensi ikan di Sungai Ogan saat ini dinilai berlimpah, hidup berbagai jenis hewan air yang berkembang biak di perairan setempat, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengkonsumsi daging ikan.

“Dengan potensi ikan yang berlimpah ini, masyarakat diharapkan lebih gemar mengkonsumsi ikan, agar program Gemarikan di Ogan Komering Ulu ini dapat terwujud,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!