Disperindag Kupang Dorong Petani Beralih ke Produk Organik

KUPANG  – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengajak petani dan pelaku usaha di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, memproduksi produk organik untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal.

“Peluang usaha produk organik sangat besar karena kesadaran untuk hidup sehat melalui konsumsi makanan bebas zat kimia mulai meningkat di kalangan masyarakat Kota Kupang,” kata Kepala Dinas Perindustian dan Perdagangan Kota Kupang, Yeri Padji Kana, di Kupang, Sabtu.

Yeri mengatakan, pemerintah Kota Kupang telah membangun satu unit pasar organik sebagai tempat pemasaran produk organik di ibu kota provinsi NTT itu.

Ia mengatakan, pasar organik yang dibangun dengan anggaran Rp700 juta sudah selesai dikerjakan dan diharapkan pada 2019 pasar telah dimanfaatkan untuk menjadi pusat perdagangan produk-produk oragnik.

Menurut Yeri, petani di Kota Kupang sudah mampu menghasilkan produk organik yang bermutu tinggi seperti sayuran, buah-buahan maupun jajajan yang bebas dari zat kimia untuk kebutuhan konsumsi masyarakat Kota Kupang.

“Masyarakat Kota Kupang lebih berminat mengonsumsi sayuran-sayuran maupun buah-buahan organik untuk kebutuhan rumah tangga karena bebas dari zat kimia. Kita berharap semakin banyak petani di Kota Kupang yang menjadi petani untuk produk organik,” kata Yeri.

Ia optimistis transaksi perdagangan di pasar organik akan sangat ramai dengan beragamnya hasil produk organik di pasar organik pertama di Kota Kupang.

“Kami menyiapkan pasar khusus organik agar perdagangan secara kontinyu menjual produk organik di pasar itu sehingga masyarakat tidak perlu mencari produk organik di supermarket di daerah ini,” tegas Yeri. (Ant)

Lihat juga...