Ditpolair Babel Amankan 700 Ton BBM Ilegal

180
Ilustrasi BBM ilegal- DOK CDN

PANGKALPINANG – Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berhasil mengamankan kapal bermuatan 700 ton Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal.

Penangkapan dilakukan di perairan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. “BBM ilegal tersebut berhasil diamankan, setelah Tim Opsnal Subdit Gakkum, menerima informasi pada pukul 10.00 WIB, ada satu unit kapal membawa BBM tanpa dilengkapi dokumen yang sah di Perairan Muntok,” kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol. Istiono, Jumat (28/12/2018).

Berdasarkan laporan tersebut, Tim Opsnal menyelidiki ke perairan Muntok, dan sekira pukul 16.00 WIB, anggota menemukan satu unit kapal MT Majuan-5, yang mengangkut BBM kurang sekira 700 ton. Setelah diperiksa, kapal tersebut tidak mengantongi izin melakukan pengangkutan BBM. “Setelah diketahui tidak memiliki izin, petugas langsung mengamankan nakhoda dan anak buah kapal, beserta barang bukti untuk dibawa ke Dermaga Ditpolair Polda Babel,” ujarnya.

Saat ini, penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap nakhoda dan anak buah kapal. Kasus penyelundupan BBM ilegal yang digagalkan tersebut, merupakan kasus yang cukup besar dalam tiga tahun terakhir. “Terkait dengan hal ini kami akan terus memaksimalkan Satgas Lundup untuk menggagalkan segala macam penyelundupan di Perairan Bangka Belitung,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...