DKI Operasikan Lima Terminal Bantuan Libur Nataru

JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengoperasikan lima terminal bantuan selama musim libur Natal dan Tahun Baru.

Lima terminal bantuan yang dioperasikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta tersebut, ditujukan untuk membantu empat terminal utama.

Kepala UPT Terminal, Muhammad Faisol, mengatakan lima terminal bantuan yang akan dioperasikan yakni Terminal Pinang Ranti, Terminal Rawamangun, Terminal Grogol, Terminal Lebak Bulus, dan Terminal Muara Angke.

“Lima terminal bantuan ini akan dioperasikan mulai 20 Desember hingga 2 Januari 2019,” kata Faisol saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (17/12/2018).

Hal ini, lanjut dia, dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru, sesuai dengan hasil rapat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Selain menyiapkan terminal, Dinas Perhubungan DKI juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti TNI, Polri, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan PT Jasa Raharja untuk menghadapi musim libur Natal dan Tahun Baru.

“Kami sudah koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI juga, agar dilakukan pemeriksaan urine terhadap awak bus yang akan mengangkut pemudik,” ucap Faisol.

Pada 20 Desember nanti, tambah Faisol, posko kesehatan akan mulai dibangun di Terminal Kampung Rambutan yang juga disiapkan tim medis dan ambulans. “Ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik,” tuturnya. (Ant)

Lihat juga...