hut

DKI Siapkan CCTV untuk 20 Simpang

Editor: Mahadeva

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko – Foto Lina Fitria

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta, mendukung diterapkannya Elektronic Tilang Low Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik, yang dilaksanakan Polda Metro Jaya. Sebagai bukti mendukung, Pemprov DKI akan memberikan bantuan kamera Circuit Closed Television (CCTV), yang akan dipasang di 20 simpang. Pemasangan kamera tersebut dalam bentuk dana hibah.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko, menuturkan, anggaran pengadaan kamera di 20 simpang yang ada di Jakarta tersebut mencapai Rp33 miliar. “20 simpang, pokoknya jumlah titik kameranya di 20 simpang itu, anggarannya Rp33 miliar,” ujarnya, Rabu (26/12/2018).

Kegiatan tersebut, ditargetkan bisa dianggarkan pada awal 2019 mendatang. Titik yang akan dipasangi kamera, adalah simpang yang kerap mengalami kemacetan. “Kalau bisa (anggaran) diintervensi di awal tahun, sehingga perubahan perwujudan di APBD 2019 bisa dilakukan. Pertimbangannya titik kemacetan juga dari sisi bagaimana mengubah behaviour perilaku pengendara,” ujarnya.

Menurutnya, pada prinsipnya Pemprov DKI Jakarta mendukung apa yang digagas Dirlantas Polda Metro Jaya. Hanya saja, mekanisme pemberian bantuannya masih didiskusikan. Jika berbicara APBD, proses pembahasan sudah selesai. Saat ini yang memungkinkan adalah, menyiapkan di APBD perubahan.

Perlu diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta, memberi dukungan berupa sejumlah kamera Circuit Closed Television (CCTV) untuk mendukung pelaksanaan Elektronik Traffic Low Enforcment (ETLE) atau tilang elektronik yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

Lihat juga...