DKP Babel Salurkan 20 GPS Kepada Koperasi Nelayan

Nelayan -Dok: CDN

PANGKALPINANG – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyalurkan 20 unit Global Positioning System (GPS). Bantuan diberikan kepada koperasi nelayan di daerah tersebut.

GPS diberikan, agar nelayan tradisional dapat menguasai teknologi. Hal itu dibutuhkan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan. “Bantuan GPS ini langkah awal agar nelayan agar bisa menguasai teknologi, dalam menjalankan usaha penangkapan ikan,” kata Kepala DKP Provinsi Kepulauan Babel, Dasminto, Minggu (16/12/2018).

Menurutnya, saat ini sebagian besar nelayan tradisional masih menggunakan cara tradisional, dalam menjalankan kegiatannya. Hal itu, membuat hasil yang diperoleh kurang memadai. Terlebih jika diperhitungkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Kami ingin nelayan ini bisa bersaing dengan nelayan-nelayan dari luar daerah, yang telah mampu menggunakan teknologi dalam menjalankan usaha penangkapan ikan di laut lepas,” ujarnya.

Dana bantuan GPS berasal dari APBD 2018. Pengadaanya, sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia nelayan tradisional. “Setelah bantuan ini, kami akan melatih ketua koperasi nelayan menguasai teknologi alat tangkap ikan, dengan harapan mereka bisa menularkan ilmu kepada anggotanya,” katanya.

Apabila nelayan tradisional sudah menguasai teknologi, maka pihaknya akan menyalurkan kapal tangkap ikan berukuran besar, agar mereka bisa menangkap ikan di laut lepas. “Selama ini nelayan hanya mencari ikan di pesisir pantai dengan hasil tangkapan yang kurang memadai,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...