Empat Gereja di Bekasi Akan Dijaga Khusus

Editor: Koko Triarko

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes. Pol. Indarto, dan Dandim 05/07 Bekasi, Letkol. Arm. Abdi Wirawan -Foto: M Amin

BEKASI – Personel gabungan, terdiri dari berbagai intansi, baik POLRI, TNI, Satpol PP, Dishub, dan lainnya, siap melakukan pengamanan Natal di beberapa gereja di Kota Bekasi, Selasa (25/12).

“Polres Metro Bekasi Kota, dalam operasi lilin, akan menurunkan 250 personel, dibantu personel dari TNI dan di-back up oleh Dishub, dan Satpol PP,” kata Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol. Indarto, Senin (24/12/2018).

Dikatakan, 250 anggota polisi akan dibagi di beberapa gereja dengan menempatkan dua personel di beberapa gereja di Kota Bekasi. Tetapi, dua anggota tersebut akan di-back up anggota polisi yang melakukan giat rutin.

Indarto menegaskan, ada empat gereja yang akan dijaga khusus di Kota Bekasi. Namun, empat gereja itu bukan berarti rawan, melainkan karena jemaahnya banyak dibanding lainnya.

“Empat gereja tersebut, gereja Arnold dan gereja Deret di wilayah Bekasi Timur. Jumlah jemaahnya bisa mencapai 5.000,”papar Indarto.

Lebih lanjut, Indarto menyebutkan, bahwa informasi dari intelejen, menyebutkan kondisi keamanan perayaan Natal terbilang landau, tidak ada ancaman potensial. Tetapi, tidak berarti pengamanan biasa, karena antisipasi penting terkait ancaman tindak teroris.

Untuk pengamanan gereja, semua akan dilakukan sterilisasi. Khusus untuk empat gereja dengan jumlah jemaah yang besar, sterilisasi akan menggunakan g-Bom. Sedang di beberapa gereja lainnya dilakukan secara manual.

“Semua gereja akan dilakukan sterilisasi, tetapi secara manual. Penjagaan ini bukan berarti karena ada kerawanan, tetapi tidak lebih antisipasi kemacetan, atau hal lain, seperti copet di gereja dengan jemaah lebih besar,” tandas Indarto.

Sementara itu, Komandan Kodim 05/07 Bekasi, Letkol. Arm. Abdi Wirawan, mengatakan, untuk pengamanan Natal, TNI akan menurunkan 100 personel, diperbantukan ke Polres Metro Bekasi Kota.

“Sebanyak 200 personel akan standby di Markas dan siap didatangkan jika terjadi sesuatu. Artinya. TNI menyiapkan total 500 prajurit membantu pengamanan Natal,” tegas Wirawan.

Lihat juga...