Enam Desa di Kecamatan Sumur Belum Tersentuh Bantuan

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho -Foto: M Hajoran

JAKARTA – Hingga hari ketiga pascatsunami yang melanda Selat Sunda, enam desa di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, masih terisolasi dan belum tersentuh bantuan.

“Daerah terdampak belum semua bisa dijangkau, khususnya Kecamatan Sumur, karena akses putus, banyak jalan rusak dan jembatan rusak,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/12/2018).

Ada tujuh desa di Kecamatan Sumur, dari tujuh desa tersebut yang baru bisa dijangkau bantuan adalah Desa Tamanjaya, namun baru dua dusun yang dapat dijangkau tim gabungan, yaitu Dusun Paniis dan Tanjung Male, sementara enam desa yang belum tersentuh masih memerlukan bantuan.

Ke enam desa yang masih membutuhkan bantuan tersebut, yaitu Desa Cigorondong, Kertajaya, Sumberjaya, Tunggajaya, Ujungjaya dan Kertamukti.

Dia mengatakan, desa-desa yang terisolasi tersebut karena terdampak tsunami, sehingga akses transportasi terputus, sehingga akses personel untuk evakuasi terhambat.

“Dalam kondisi normal saja, akses transportasi di daerah tersebut rusak, apalagi saat bencana seperti ini,” kata Sutopo.

Lihat juga...