hut

Faza Meonk Beri Literasi Maritim Lewat Komik

Editor: Koko Triarko

Faza Meonk, Kreator Komik Si Juki -Foto: Akhmad Sekhu

JAKARTA – Faza Ibnu Ubaydillah Salman, atau lebih dikenal dengan nama Faza Meonk, kreator komik ‘Si Juki’, tampak semakin kreatif mengembangkan cerita rekaannya. Kali ini, Faza Meonk menggarap komik berjudul ‘Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara’, yang hendak menyampaikan pesan tentang keberagaman Indonesia.

Komik tersebut terbit berseri. Seri pertama, Si Juki ditemani karakter temannya yang tak kalah kocak, yakni Mang Awung.

“Dalam komik ‘Si Juki Seri Jalan-jalan Nusantara’ ini, kita ingin memberikan literasi maritim pada generasi muda. Literasi kemaritiman menjadi hal yang penting di seri kali ini,” kata Ari, mewakili penerbit komik tersebut, di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Ari membeberkan, di komik ini Si Juki pergi ke Labuan Bajo bersama Mang Awung untuk menyelesaikan misi rahasia. “Dalam menjalankan misi tersebut, keduanya pergi ke berbagai obyek wisata yang ada di Labuan Bajo,“ bebernya.

Menurut Ari, komik tersebut digarap sangat runut. “Mulai dari Bukit Cinta, Gua Batu Cermin sampai pergi ke Taman Nasional Pulau Komodo untuk mencari harta karun,“ paparnya.

Ada pun Komikus Faza Meonk, menyampaikan, harta karun yang dimaksud dalam komik ini adalah keberagaman budaya Indonesia.

“Karena itu, dalam cerita kali ini saya membuat konsep berburu harta karun dengan berbagai misi yang harus dilalui oleh Si Juki, yang kali ini ditemani oleh Mang Awung,” ungkapnya.

Indonesia, lanjut Faza Meonk, adalah negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau yang dihubungkan oleh wilayah perairan luas yang menutupi sekitar dua per tiga dari luas keseluruhan Indonesia.

“Sebagai negara kepulauan, Indonesia tentu memiliki potensi kemaritiman yang sangat besar. Berangkat dari isu tersebut, kita mengenalkan wisata maritim melalui komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara,“ bebernya.

Dalam proses riset komik ini,  Faza Meonk menemukan. bahwa kalimat ‘Indonesia itu Indah’ itu benar adanya. “Selain indah, saya juga menemukan keberagaman budaya yang begitu sangat luar biasa. Keberagaman inilah harta karun Indonesia,“ tandasnya.

Lihat juga...