Firmino Hattrick, Liverpool Cukur Arsenal di Anfield

Editor: Satmoko Budi Santoso

LIVERPOOL – Performa impresif Liverpool terus berlanjut. Setelah mengemas kemenangan dengan skor 4-0 tiga hari lalu, Minggu pagi, The Reds kembali mengamuk. Arsenal menjadi tim yang kurang beruntung karena jadi amukan The Reds.

Tidak hanya membobol gawang Arsenal dengan 1-2 gol, skuad asuhan Jurgen Klopp menggunduli The Gunner dengan skor telak 5-1. Tambahan tiga poin membuat The Reds kokoh di puncak dengan selisih sembilan poin dari Tottenham Hotspur di urutan kedua.

Arsenal berjuang keras sejak awal laga. Kesalahan Fabinho di menit 10 nyaris membuat Liverpool kebobolan. Beruntung percobaan Alx Iwobi berhasil dimentahkan Alisson Becker. Percobaan Shkodran Mustafi juga masih gagal dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Kesalahan umpan yang dilakukan Dejan Lovren berbuah fatal. Dari kesalahan itu, Iwobi memotong bola dan mengambil alih kendali. Bola dikirim kepada Ainsley Maitland-Niles dan mengonversi bola menjadi gol saat laga berjalan 11 menit.

Keunggulan Arsenal tidak bertahan lama. Selang tiga menit, The Reds langsung mencetak gol penyeimbang melalui Roberto Firmino. Firmino memperdaya kiper Arsenal Bernd Leno memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Stephan Lichtsteiner dan Mustafi.

Dua menit berikutnya, Firmino kembali memperdaya Leno. Firmino sempat memperdaya dua pemain bertahan The Gunner sebelum melepas bola ke arah gawang dan memperdaya Leno untuk kedua kalinya. Leno masih dipaksa bekerja keras setelahnya.

Leno sempat menggagalkan percobaan Sadio Mane sebelum bintang Senegal itu mencatatkan namanya di papan skor pada menit 32. Umpan diagonal Robertson melesat melewati seluruh barisan pertahanan Arsenal. Bola mengenai salah dan diteruskan Mane ke arah gawang.

Kesalahan fatal kembali dilakukan pemain Arsenal. Pelanggaran terhadap Mohamed Salah di dalam kotak terlarang berujung penalti. Salah yang jadi eksekutor sukses menuntaskan misi dengan baik. Gol ini membuat ia menyamai jumlah gol Pierre Emerick-Aubameyang dan Harry Kane dalam perebutan sepatu emas.

Usai jeda, The Gunner mulai menemukan ritme permainan. Peluang emas lahir dari kerjasama apik Aaron Ramsey dan Granit Xhaka. Namun sayang tembakannya masih melebar. Liverpool sendiri enggan mengendurkan serangan. Sejumlah peluang kembali dihasilkan melalui Fabinho dan Salah.

Petaka Arsenal berlanjut di menit 65. Pelanggaran Sead Kolasinac terhadap Dejan Lovren kembali berbuah penalti. Kali ini Firmino diberi mandat menuntaskan hattrick. Tanpa kesalahan Firmino memperdaya Leno dan membuat Liverpool unggul dengan skor 5-1.

Lihat juga...