Ganti Pengelola, Persiba Balikpapan Kejar Kompetisi Liga 1

Editor: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Tim sepakbola Persiba Balikpapan, semakin serius menatap Kompetisi Liga 1 tahun 2019.

Pengurus baru tim berjuluk beruang madu, Rahmad Mas’ud, mulai tancap gas. Dalam waktu dekat, pria yang kini menjabat Wakil Walikota Balikpapan segera berbenah. Bahkan, bekas pelatih tim nasional, Bima Sakti, juga akan direkrut guna menukangi Persiba.

“Bulan ini kami akan membentuk manajemen dan mulai menyeleksi pemain,” kata Rahmad Mas’ud. Perihal sosok pelatih yang akan mengomandani skuat Persiba, belum ada keputusan resmi, meski telah terjadi pembicaraan dengan Bima Sakti.

Rahmad Mas’ud mengaku berhati-hati memilih manajemen dan tim sehubungan dengan target membawa Persiba ke kasta lebih tinggi.

“Kami menargetkan Persiba bisa kembali berlaga Liga 1 musim 2020. Saya kira ini cukup realistis mengingat para pemain perlu penyesuaian di tahun pertama nanti,” kata pengusaha di bidang perkapalan itu.

Pengelola Persiba Balikpapan, Rahmad Mas’ud – Foto Ferry Cahyanti

Ia tak menampik soal rumor akan mendatangkan para pemain top yang memiliki pengalaman berlaga di Liga 1.

Rahmad menyebut, sudah punya gambaran pemain yang akan mengisi skuat. Sementara menyangkut peluang untuk mempertahankan pemain lama, bekas manajer Persiba ini menyerahkan keputusan pada pelatih.

“Tergantung dengan pelatih, nanti mau pakai skema apa,” kata dia, Jumat (14/12/2018).

Sebelum memulai kompetisi Liga II 2019, Persiba akan melakoni babak 64 Piala Indonesia, menjamu Mitra Kukar, pertengahan pekan depan. Pertandingan tim dari Kalimantan Timur akan tersaji di stadion Batakan pada 20 Desember mendatang.

Dalam laga itu, Persiba akan dipimpin pelatih Masdar Aspiran yang sebelumnya menjabat Asisten Pelatih. Menghadapi Piala Indonesia, Persiba kemungkinan hanya menggunakan 18 pemain, 12 pemain di antaranya adalah pemain musim 2016 dan 6 pemain yang tampil di Pekan Olahraga Provinsi Kutai Timur.

Pemain-pemain lama di antaranya, Bryan Cesar Ramadhan, Dwi Cahyono, Faturahman Frengky Turnado, Jemmy Lakengke. Sedangkan pemain Porprov di antaranya M. Rokani, Ilhamsyah dan Wildan.

Lihat juga...