Gerimis tak Surutkan Antusiasme Wisatawan Kunjungi TMII

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII), menjadi destinasi wisata favorit untuk menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru 2019. Suasana kepadatan pengunjung bahkan sudah terlihat dari pintu utama TMII, begitu juga di pintu 3. Antrean kendaraan roda empat dan dua terlihat memanjang. 

Plaza Tugu Api Pancasila juga dipadati pengunjung. Rintik hujan tak menghalangi mereka untuk bermain di area tersebut. Ada yang bermain sepeda, ber-selfie dan anak-anak kecil berlari saling berkejaran.

“Anak-anak senang banget wisata ke TMII, biar hujan juga mereka asyik main sepeda itu,” kata Aris Dwihardi, kepada Cendana News, Jakarta, Selasa (25/12/2018).

Ketua Pekan Desember, Natal dan Tahun Baru 2019 TMII, Diono. -Foto: Sri Sugiarti

Warga Sumedang, Jawa Barat, ini mengaku, TMII menjadi favorit berlibur keluarganya, manakala libur sekolah. “Kalau ke Jakarta, kita selalu sempatkan wisata ke TMII. Anak-anak bisa bermain di wahana dan mengunjungi anjungan, jadi tahu budaya daerah,” jelasnya.

Begitu juga dengan Diranto, warga Tangerang. Dia mengajak keluarganya liburan ke TMII. “Inginnya mudik liburan ke Yogya, tapi setelah dipikir mending ke TMII saja, anak-anak juga senang,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun kemacetan di area TMII membludak, tapi keluarganya tetap senang wisata ke wahana pelestarian budaya bangsa ini. “Macet sih, tapi bukan kendala, karena mereka tetap ceria bermain,” tandasnya.

Ketua Panitia Pekan Desember, Natal dan Tahun Baru TMII, Diono mengatakan, pihaknya menargetkan 450.000 pengunjung selama libur Natal dan Tahun Baru 2019, yang dimulai 15 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019. Ada pun target tahun lalu, 400.000 pengunjung.

“Optimis target 450 ribu pengunjung tercapai. Tercatat dari tanggal 15-24 Desember 2018, sebanyak 275.415 pengunjung. Insyaallah target 450 ribu, pada Sabtu-Minggu, mendatang tercapai,” ujar Diono.

Dari jumlah pengunjung tersebut, tercatat kendaraan bus sebanyak 1.391 unit, kendaraan roda empat atau mobil sebanyak 37.188 dan motor 19.624 unit.

Menurutnya, para pengunjung tersebut tidak hanya dari Jakarta, tapi juga dari luar daerah. Mereka mengunjungi berbagai anjungan provinsi, wahana rekreasi dan museum yang ada di TMII.

Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung, pihaknya telah menyediakan 24 fasilitas titik parkir, yang tersebar di area TMII. Fasilitas parkir lainnya juga tersedia di 33 anjungan provinsi dan museum.

Dalam kemeriahan Tahun Baru 2019, jelas dia, TMII akan menghadirkan berbagai hiburan menarik bagi pengunjung. Seperti tembakan kembang api sebanyak 6.422 kali, dipusatkan di Danau Arsepal atau Danau Miniatur Indonesia dan obor sebanyak 2019 menghiasi danau tersebut.

Suasana Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta dipadati pengunjung yang menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2019. -Foto: Sri Sugiarti

Selain itu, pergantian malam tahun baru di TMII juga dihiasi dengan gelaran Wayang Kulit semalam suntuk di panggung Candi Bentar. Wayang kulit juga digelar di Anjungan Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sedangkan wayang golek ditampilkan di Anjungan Jawa Barat.

Ada pun musik Monata dapat dinikmati di area PP IPTEK dekat Taman Burung TMII. Sedangkan atraksi seni tradisi, seperti Sisingaan ditampilkan di area Plaza Tugu Api Pancasila.

“Harapan kami, semoga pengunjung terhibur dengan ragam budaya yang ditampilkan, seperti wayang kulit semalam suntuk. Insyaallah TMII tetap menjadi wahana wisata favorit pengunjung, dengan pelayanan terbaik kami,” tutupnya.

Lihat juga...