Gianyar Musnahkan 8.455 Keping KTP-El

Editor: Koko Triarko

GIANYAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gianyar, memusnahkan sekitar 8.455 keping KTP Elektronik yang sudah dinyatakan rusak dan invalid. Menurut Disdukcapil Gianyar, I Gede Putu Bayangkara, pemusnahan ribuan KTP-El rusak dan invalid merupakan instruksi dari pusat Direktorat Jendral Kependudukan dan catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI.

Mekanisme pemusnahan e-KTP rusak atau invalid mengacu pada Surat Edaran Mendagri Nomor 470.13/11176/SJ, tentang Penatausahaan e-KTP Rusak atau Invalid. Juga telah diatur agar dilakukan pencatatan dan pemusnahan dengan cara dibakar serta membuat berita acara.

Dijelaskan juga, Kementerian Dalam Negeri telah memberikan batas waktu deadline pemusnahan KTP-El dalam jumlah besar, hari ini Rabu (19/12), sedangkan untuk reguler dalam jumlah kecil bisa dilakukan mulai esok hari, dan bisa dilakukan setiap hari.

Ribuan KTP-El yang dimusnahkan hari ini adalah yang rusak dan invalid yang direkam pada 2010. Selain rusak secara fisik, data yang invalid seperti adanya perubahan elemen data, seperti perubahan status, alamat maupun kesalahan input data.

“Pemusnahan KTP-El yang kami lakukan ini,. sebagai bentuk komitmen kami untuk menjaga, mencegah dan menjamin tidak terjadinya penyalahgunaan KTP-El yang rusak, terhadap perbuatan atau tindakan yang bertentangan dengan hukum,” tegas Gede Bhayangkara, di halaman Kantor Disdukcapil Gianyar, Rabu (19/12/2018) siang.

Berdasarkan data di Disdukcapil Gianyar sampai akhir Nopember 2018, jumlah penduduk di Kabupaten Gianyar sebanyak 498.357 jiwa, dengan jumlah penduduk wajib KTP 384.596 jiwa. Dari data tersebut, yang telah melakukan perekaman sebanyak 372.185 jiwa, dan yang belum melakukan perekaman 12.411. Pemusnahan atau pembakaran juga disaksikan Satpol PP Gianyar, dan Inspektorat.

Lihat juga...