Goptki Kaltim: TK Negeri Belum Tersebar di Daerah Pinggiran

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

Penasehat I Goptki Kaltim Norbaiti Isran Noor. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN — Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Seluruh Indonesia (Goptki) Provinsi Kalimantan Timur menyebutkan, hingga kini TK Negeri atau TK Pembina belum mencapai daerah pinggiran dan pedalaman.

Goptki Kaltim mencatat, saat ini, hanya ada satu di setiap Kabupaten dan Kota. Padahal, pemerataan pembangunan pendidikan sejak usia dini (PAUD) harus sampai ke daerah.

“TK Pembina juga harus ada di desa-desa di seluruh wilayah Kaltim, sehingga pembangunan karakter bangsa bisa juga dimulai dari daerah-daerah pedesaan,” ungkap Penasehat I Goptki Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor, Kamis (13/12/2018).

Dikatakannya, pembangunan karakter harus dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini. Mewujudkannya, perlu adanya TK Pembina di seluruh kabupaten dan kota, dan di seluruh kecamatan, bukan hanya di perkotaan

Terkait keluhan banyak penyelenggara TK dan PAUD tentang minimnya dukungan pemerintah untuk kerja-kerja mulia Goptki, ia pun meminta agar para penyelenggara untuk kembali pada komitmen membangun pendidikan dalam kerja-kerja sosial yang tulus dan ikhlas.

“Tapi akan tetap kita perjuangkan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur agar bantuan bisa dikucurkan untuk Goptki,” tegas Norbaiti.

Namun pihaknya berharap tugas yang menjadi program kerja Goptki dapat terus berjalan meskipun minimnya bantuan, karena membangun pendidikan menjadi hal utama untuk pendidikan karakter anak-anak yang ada di PAUD.

Lihat juga...