Gubernur DKI Imbau Jakmania tak Lakukan Vandalisme

Editor: Koko Triarko

219
Gubernur DKI, Anies Baswedan, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018). -Foto: Lina Fitria

JAKARTA – Gubernur DKI, Anies Baswedan meminta masyarakat untuk segera melaporkan ke pihak berwenang, jika ada Jakmania yang melakukan aksi vandalisme.

“Bila Anda melihat pelakunya, langsung laporkan. Foto, laporkan, jangan dibiarkan,” ucap Anies, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Ia mengimbau, para Jakmania tidak perlu melakukan selebrasi berlebihan. Apalagi, sampai melakukan coret-coretan pada spanduk yang bertuliskan ‘Persija Juara’, yang dipasang di beberapa titik di Jakarta.  Dia juga meminta Jakmania harus menjadi contoh baik bagi pendukung klub kesebelasan lainnya.

“Jangan dong (coret-coret). Jakmania, suporter Persija, tunjukkan, bahwa Anda bisa jadi contoh yang baik,” katanya.

Namun, dia juga tidak melarang untuk para pendukung  memasang spanduk, asalkan mengkuti aturan dan sesuai izin. “Ya, izinlah. Tapi kita doakan menang, bayangkan di Jakarta sudah 17 tahun sepi piala, dan kalau ini dapat berarti tahun ini dua kali. Ya, bersyukur sekali. Insyaallah, lets do it again, pokoknya menang,” harapnya.

Anies juga memerintahkan Satpol PP untuk membersihkan sekaligus mencopot spanduk-spanduk yang berada di Jakarta. “Biar nanti itu dibersihkan Satpol PP,” imbuhnya.

Dia meminta kepada Jakmania untuk berdoa, supaya Persija benar-benar bisa menjadi juara, seperti yang diharapkan selama ini. “Jangan mendahului takdir. Wong pertandingan belum kok sudah ini (selebrasi). Yang rendah hati, doakan menang, doakan juara, gitu. Tapi kalau langsung jangan, mendahului takdir,” imbaunya.

Sebuah coretan bertuliskan ‘Persija Juara’ menghiasi separator Transjakarta. Potret tersebut beredar di sosial media.  Tak hanya coret-coretan saja, beberapa spanduk bertuliskan serupa diketahui terpasang di beberapa jembatan penyeberangan orang atau JPO. Di antaranya di JPO Penas Kalimalang Jakarta Timur, hingga di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Di ‎Jakarta Barat, spanduk-spanduk demikian terpasang di hampir setiap JPO di Jalan Daan Mogot. Spanduk berbahan dasar kain putih itu dituliskan doa dan harapan suporter ‎Persija Jakarta, demi melihat klub kesayangannya itu kembali mengangkat trofi Liga Indonesia setelah ‘puasa’ selama 17 tahun.

Sebelumnya, Persija Jakarta menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), saat menjamu Mitra Kukar dalam laga pamungkas Liga 1 2018.

Jika mampu menjadi juara, Persija akan mengulangi kenangan manis 17 tahun silam, ketika meraih gelar juara liga pertamanya. Saat itu, Persija mengalahkan PSM Makassar di partai final di SUGBK.

Baca Juga
Lihat juga...