Gubernur Sumsel Minta Pengusaha Sembako Jaga Stabilitas Harga

PALEMBANG  – Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, minta pengusaha sembilan bahan pokok untuk menjaga stabilitas harga menjelang Natal dan tahun baru (Nataru).

Pemerintah provinsi telah memantau persediaan bahan pokok dan stok cukup banyak, kata Herman di Palembang, Sabtu.

Dia mengatakan, pihaknya sengaja mendatangi pasar tradisional untuk mengecek langsung terkait dengan kondisi harga sembako termasuk memastikan jangan sampai terjadi lonjakan yang tidak wajar.

“Setelah kita cek ternyata aman, artinya suplai terjaga disini, baik itu barang maupun komoditas hasil pertanian seperti beras atau sayur mayur semuanya dalam kondisi aman dan normal,” ujarnya.

Gubernur mengingatkan agar pengawasan terkait dengan ketersediaan stok sembilan bahan pokok jangan sampai lengah.

Oleh karena itu, dia meminta Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk melakukan pengawasan jangan sampai ada penimbunan barang yang dilakukan oknum dengan alasan mencari keuntungan yang lebih besar.

Sehubungan dengan itu ia minta kepada pengusaha sembilan bahan pokok untuk selalu menjaga distribusi.

“Jangan sampai distribusi kebutuhan pokok tersendat karena itu mengakibatkan harga akan naik,” kata dia.

Terkait dengan keberadaan Pasar Cinde, gubernur mengatakan, pasar tersebut merupakan pasar tradisional di Kota Palembang.

Pasar tersebut transaksinya masih tradisional sehingga hal tersebut patut dipertahankan sebagai bentuk budaya menjaga silaturahmi.

“Ciri khas di Pasar Cinde ini budaya silaturahmi. Jadi bukan hanya sekadar transaksi antara pembeli dan penjual tapi ada interaksi kekeluargaan yang harus dipertahankan,” kata dia.

Sementara mengenai pembangunan Pasar Cinde sendiri masih sesuai prosedur dan tidak ada hambatan berarti. (Ant)

Lihat juga...